Sejarah

A. Yayasan Husada Gemilang

Yayasan Husada Gemilang  ( YHG ) adalah Yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, pelayanan kesehatan dan kegiatan sosial lainnya. Didirikan berdasarkan Akte Pendirian Yayasan Husada Gemilang Tanggal  22 April 2004 Nomor : 22  pada Notaris Hj. Isra Samianty, dan pengesahan oleh Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Nomor : C-570.HT.01.02.TH2005  tanggal 26 April 2005.  Prakarsa dan inisiatif pendirian YHG oleh Tokoh Masyarakat dan didukung penuh oleh Bupati Indragiri Hilir H. Indra Muchlis Adnan, SH, MH, MM dengan  menunjuk Ibu Hj. Syafni Zuryanti, SH, MH sebagai ketua YHG.

Komposisi dan personalia Pengurus YHG Tembilahan adalah sbb :

Pembina :
H. M. Rusli Zainal, SE
H. Indra Muchlis Adnan, SH, MH, MM
Drs. H. M. Wardan, MP
dr. H. Masykur Abdullah
    
Pengawas :
dr. Hj. Raihana Ara

Pengurus :
Ketua :
Hj. Syafni Zuryanti, SH, MH

Wakil Ketua :
H. M. Yusuf Said, SE, MM

Sekretaris
Zulkifli, S. Kep., MH

Wakil Sekretaris :
Ida Rifda, SP

Bendahara :
Yulia Masykur

Wakil Bendahara :
Desmalita, Amd. Keb


B. Akademi Kebidanan Husada Gemilang
Yayasan Husada Gemilang ( YHG ) menempatkan pembangunan sumber daya manusia Kabupaten Indragiri Hilir yang berkualitas menjadi prioritas utama. Bermula, pada tahun 2004 Yayasan Husada Gemilang (YHG) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir dan Politeknik Kesehatan Propinsi Riau melaksanakan Program Khusus D-III Keperawatan. Program khusus ini memberi kesempatan bagi Tenaga Kesehatan Rumah Sakit Puri Husada, Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Kabupaten Indragiri Hilir untuk memperdalam keilmuannya dibidang keperawatan.

Diterbitkannya surat Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan ( BPSDM ) Departemen Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.00.06.2.1.1990, tanggal 6 Oktober 2004, menjadi dasar beroperasinya Program Khusus Diploma III Keperawatan bagi Tenaga Perawat Lulusan SPK/SPR yang bekerja di Puskesmas Wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir.

Pelaksanaan program Khusus tersebut disambut baik oleh masyarakat luas, terutama kalangan kesehatan. Proses belajar mengajar yang berjalan baik dan prestasi mahasiswa cukup memuaskan menjadikan Program Khusus Diploma III Keperawatan kehadirannya sangat diharapkan masyarakat. Diantara prestasi dan kegiatan tersebut antara lain Terbaik I pada acara Debat Ilmiah Terbuka Tingkat Perguruan Tinggi Kabupaten Indragiri Hilir dalam rangka Hardiknas tahun 2006 dan pada pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun 2006 di Kecamatan Tempuling, bersama masyarakat berhasil membangun kesadaran pentingnya kesehatan keluarga dan lingkungan, lewat program Arisan Jamban dan Dokter Kecil.

Melihat pentingnya lembaga pendidikan tinggi kesehatan berdiri di Kabupaten Indragiri Hillir, pada tahun 2005 YHG mulai menyusun proposal pendirian Akademi Kebidanan Husada Gemilang Tembilahan yang mengacu kepada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 11292/MENKES/ PER/X/2004 Tentang Pendirian Diploma Bidang Kesehatan. Pemerintah sangat mendukung rencana tersebut, dengan mengeluarkan surat rekomendasi:

  1. Surat Rekomendasi Bupati Indragiri Hilir,  Nomor 592/39/400/2005, tanggal 7 Mei 2005 perihal Rekomendasi Pendirian Akademi Kebidanan Husada Gemilang Tembilahan.
  2. Surat Rekomendasi Dinas Kesehatan Propinsi Riau Nomor : 890/Prasarkes-I/VI/2005.10.96.1 Tanggal 30 Juni 2005  tentang Permohonan Rekomendasi AKBID Husada Gemilang Tembilahan.

Setelah kelengkapan persyaratan terpenuhi, permohonan diajukan ke Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI yang tertuang dalam Surat Nomor: 022/YHG/I/2005, Tanggal 30 Januari 2005, Perihal Permohonan Pertimbangan Pembukaan Program Studi Kebidanan (D-III) serta Pendirian Akademi Kebidanan Husada Gemilang di Tembilahan.

Merespon surat permohonan tersebut, pada Tanggal 27 Februari 2006, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional RI, mengeluarkan surat kepada Kepala BPPSDM Departemen Kesehatan RI dengan Nomor Surat: 0351/D2.2/2003, perihal Permohonan Pertimbangan Pembukaan Program Studi dan Pendirian Akademi Kebidanan Husada Gemilang Tembilahan.

Pada tanggal 12 Agustus 2006 dilaksanakan Visitasi oleh Tim yang terdiri dari BPPSDM Departemen Kesehatan RI, Pusdiknakes RI dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pusat. Berdasarkan hasil visitasi tersebut keluarlah Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.03.1.4.1.03803. Selanjutnya, berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI tersebut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional mengeluarkan Surat Pertimbangan Nomor: 1658/D2.2/2006, tanggal 14 Agustus 2006 perihal Pertimbangan untuk pembukaan program studi dan pendirian Akademi Kebidanan Husada Gemilang di Tembilahan.

Terbitnya Surat Pertimbangan tersebut menjadi dasar keluarnya Izin Operasional Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 209/D/O/2006, tanggal 8 September 2006 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Akademi Kebidanan Husada Gemilang di Tembilahan yang diselenggarakan oleh Yayasan Husada Gemilang di Tembilahan.

Pada tanggal 30 September 2006, Akademi Kebidanan Husada Gemilang Tembilahan diresmikan oleh Bupati Indragiri Hilir H. Indra Mucklis Adnan, SH,MH,MM.  Acara yang dipusatkan di halaman Kampus Jalan Bunga No. 54 Tembilahan, dihadiri Ketua Yayasan Husada Gemilang Hj. Syafni Zuryanti, SH, MH beserta pengurus yayasan lainnya,  Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Riau, Muspida Kabupaten Indragiri Hilir, Kepala Dinas/Badan/Kantor dan Instansi, Pemuka Masyarakat dan Orang Tua Mahasiswa. Acara itu juga mengukuhkan Mahasiswa Angkatan I Tahun Ajaran 2006/2007 serta pembukaan Pengenalan Program Studi Mahasiswa ( PPSM ).

Pada tahun akademi 2006/2007 Akademi Kebidanan Husada Gemilang Tembilahan  menerima Mahasiswa sebanyak 46 orang yang dinyatakan lulus berdasarkan Surat Keputusan Dinas Kesahatan Propinsi Riau Nomor : 890/PRASARKES-1/IX/2006, tanggal 25 September 2006  tentang Daftar Nomor Peserta Sipensimaru Diknakes Provinsi Riau yang dinyatakan lulus uji kesehatan JPT-Non Depkes AKBID Husada Gemilang TA. 2006/2007 dan pada tes kesehatan dan Registrasi ulang gugur sebanyak 2 orang sehingga jumlah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan sebanyak 44 orang.

Setiap tahunnya, akademi kebidanan melaksanakan kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang didasarkan pada SK Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Pada tahun akademik 2007/2008 setelah melalui seleksi, diterima 76 orang mahasiswa baru. Dan pada tahun akademik 2008/2009 diterima 56 orang mahasiswa baru.